Pelaksanaan Ujian Sekolah Online SMK Satria Magelang

SMK Satria Magelang | Saturday, 09 May 2020

Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim tentang “Merdeka Belajar” memberikan ruang kepada guru dan siswa untuk berinovasi. Terutama dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) sebagai kegiatan mentransfer ilmu dari guru kepada siswa.

Seperti dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa SMK Satria Magelang Jawa Tengah. Di mana sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan Jawa Tengah No. 0522/KADIN/III/2020 untuk melaksanakan Ujian Sekolah secara online. Demikian diungkapkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Mokhamad Nurfadlil,S.Pd. di ruang kerjanya, Jum’at (20/3/2020).

Nurfadlil menuturkan, SMK Satria Magelang sebelumnya melaksanakan ujian sebagai evaluasi belajar siswa dengan cara manual, akan tetapi sekarang harus dilaksanakan secara online. Pihak sekolah sebenarnya sudah siap melaksanakan Ujian Sekolah ini, semua sudah dipersiapakan termasuk lembar soal sudah diperbanyak, ruang ujian sudah siap, administrasi juga.

“Sehingga ketika kondisi seperti saat ini terkait wabah Covid-19, yang mengharuskan Ujian Sekolah dilaksanakan secara online, para siswa dituntut untuk biasa dan tak terkendala, tentunya kami akan menggunakan media yang semua siswa dapat mengaksesnya dengan mudah dan dapat dipahami, ” tuturnya.

Dalam Ujian yang berlangsung tanggal 20-30 Maret 2020 ini, lanjut Nurfadlil, peserta ujian yang sebelumnya disiapkan mengerjakan secara manual, kini dialihkan menggunakan smartphone masing-masing dan dilaksanakan dari rumah masing-masing..

Peserta ujian SMK Satria Magelang tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 69 siswa. Menurut Nurfadlil keikutsertaan peserta pada tiap sesi mencapai antara 90-100 persen. Partisipasi sekitar itu kemungkinan terkendala sinyal di lokasi siswa, sehingga tidak mengikuti sesi secara keseluruhan.

“Ini artinya sangat minim kendala yang terjadi. Sehingga pelaksanaan Ujian Sekolah online ini kami katakan lancar dan maksimal,” katanya.

Kelancaran Ujian Sekolah online di SMK Satria Magelang tidak lepas dari kesiagaan proktor yang bekerja maksimal, sehingga mendukung siswa lancar dalam mengerjakan ujian online.

Salah satu teknisi, Pujiyanto mengatakan unggahan soal ujian sekolah online ini dibuat secara mudah yang dibuat menggunakan Gform. Meskipun persiapan untuk beralih ke mode online sangat sedikit sampai hari H pelaksanaan Ujian Sekolah, Alhamdulillah kita menyelesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan tidak ada kendala.

Pujiyanto mengatakan tenggang waktu yang diberikan sesuai jadwal yang telah diberikan sebelumnya sama seperti ujian sekolah manual yang telah terjadwal yaitu selama 2 jam atau 120 menit untuk satu mata pelajaran. Sebelumnya siswa juga diminta untuk mempersiapkan terkait signal yang nantinya akan berpengaruh dalam mengerjakan soal dan penguplodan hasil.

“Tergantung mata pelajarannya, namun rata-rata peserta selesai dalam waktu 90 menit,” katanya.

Dalam perkembangan teknologi ke depan tidak hanya ujian yang berbasis online, namun pihak sekolah berupaya ulangan harian siswa pun menggunakan metode jaringan. Hal itu sebagai upaya mengembangkan inovasi guru dan siswa dalam mengaplikasikan program Medeka Belajar, anjuran Mendikbud.
Logo SMK