Upaya Pencegahan dan Memutus Rantai Penyebaran Virus Corona

SMK Satria Magelang | Saturday, 09 May 2020

Upaya memutus rantai penyebaran dan penularan wabah Covid-19 masih terus berlangsung di berbagai wilayah Indonesia. Pencegahan wabah ini disambut dengan antusias meskipun ada sedikit was-was oleh warga SMK Satria Magelang Jawa Tengah. Aktivitas pencegahan  COVID-19 di sekolah ini dilakukan oleh seluruh karyawan dengan tindakan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah, dan pemasangan handsanitizer. Jumat (3/4/2020).

Kota Magelang termasuk zona merah terkait wabah Covid-19, sehingga sejak diturunkanya Surat Edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SMK Satria Magelang berupaya turut mencegah penyebarannya dengan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah.

Sasaran penyemprotan antara lain ruang teori, bengkel praktik, ruang kepala sekolah,ruang wakil kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha, perpustakaan, koperasi siswa dan mushola. Kegiatan ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 di lembaga pendidikan kejuruan tersebut.

Aktivtias penyemprotan tersebut dilakukan secara mandiri oleh pihak sekolah. Cairan disinfektan diracik sendiri menggunakan air dan cairan pembersih lantai. Sementara peralatan pendukung berupa sprayer memanfaatkan peralatan di bengkel yang sudah tersedia dengan sedikit memodifikasinya.

Sebelum melakukan penyemprotan petugas diberi arahan sebelum melakukan penyemprotan disinfektan, agar penyemprotan dapat dilaksanakan dengan efektif, merata pada setiap bagian yang disemprot dan tentunya dapat terlaksana sesuai harapan. Penyemprotan lebih mengutamakan untuk tempat-tempat yang dimungkinkan jarang terkena sinar matahari, juga tempat-tempat yang paling sering digunakan, sering tersentuh tangan dan bahan-bahan yang terbuat dari logam.

“Pada dasarnya penyemprotan di seluruh lingkungan sekolah, sedangkan tempat-tempat tertentu yang paling sering digunakan itu dimaksimalkan penyemprotannya. Istilahnya tidak ada tempat atau celah yang terlewatkan,” tandas Bapak Sunarmo selaku petugas penyemprotan dan guru di SMk Satria Magelang.

Sementara itu, Kepala SMK Satria Magelang, Zaenal Abidin, S.T. berharap dengan kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut dapat mensterilkan lingkungan SMK Satria Magelang dari berbagai virus, termasuk virus Corona. Dengan aktivits ini semoga rantai penyebaran juga dapat segera selesai sehigga dapat beraktifias kembali seperti biasanya.

Bapak Zaenal menambahkan, penyemprotan disinfektan ini menjadi salah satu upaya warga sekolah dalam mencegah penyebaran Corona. Karena kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja merupakan tanggung jawab warga sekolah itu sendiri. Pihak sekolah juga sudah membagikan masker untuk semua guru dan karyawan dan mengistruksikan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring) sehingga -guru bekerja dari rumah (work from home),akan tetapi tidak meliburkan petugas kebersihan sekolah dan melaksanakan guru piket agar lingkungan sekolah tetap bersih. mungkin itu yang saat ini bisa kami lakukan dalam upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran COVID-19.
Logo SMK